Skip to main content

Belajar Tentang Firewall dalam MikroTik


Hallo sobat buletinup.com! Selamat datang di blog kami!

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang salah satu fitur yang ada pada mikrotik. Fitur ini sangat diperlukan agar sebuah jaringan yang ada bisa aman dan terbebas dari gangguan pihak luar. Fitur ini adalah firewall. Firewall sendiri tidak hanya digunakan dalam mikrotik tetapi juga digunakan oleh banyak sistem yang menghubungkan dua perangkat atau lebih.

Firewall dalam MikroTik


Firewall adalah sistem keamanan untuk mengelola sekaligus memantau trafik atau data masuk dan keluar berdasarkan aturan keamanan (security rules) yang sudah ditentukan. Firewall berfungsi mencegah akses dan kunjungan pihak luar yang tidak diinginkan dari atau ke dalam jaringan atau server. Jadi peran dari Firewall adalah sebuah sistem yang akan bertugas untuk membatasi akses masuk dari pihak lain ke dalam sebuah jaringan. Dalam firewall kita bisa mengatur siapa saja yang bisa masuk ke jaringan kita, berapa banyak, berapa lama, dan bahkan bisa mengatur apa saja yang boleh dan tidak untuk dikunjungi oleh user.

Nah, untuk cara kerja dari Firewall sendiri adalah sebagai berikut. Jadi begini, ketika ada sebuah akses entah itu pengiriman paket, request, ataupun update, firewall akan secara otomatis melakukan tahapan kerja pertamanya yaitu melakukan penyaringan apakah data atau paket itu diizinkan masuk kedalam jaringan atau tidak. 

Apabila diizinkan maka paket itu akan diteruskan ke tahap selanjutnya, namun apabila tidak diizinkan maka akan dihentikan pada tahap penyaringan saja dan dikembalikan. Tahap kedua adalah adanya layanan proxy yang akan mengambil informasi dari internet intuk dikembalikan atau ditampilkan ke sistem atau sebaliknya. Selanjutnya ada inspeksi stateful yaitu proses untuk menempatkan informasi yang masuk kedalam database yang telah ada dan telah ditetapkan. Apabila informasi itu cocok maka akan disimpan,namun apabila tidak cocok akan dibuang.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai Firewall. Firewall sangat dibutuhkan didalam sebuah jaringan, ia berperan aktif dalam sistem. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca, sampai jumpa!

Comments