Skip to main content

Sistem keamanan jaringan dengan Web Proxy


Selamat datang sobat buletinup.com!

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang salah satu fitur mikrotik yaitu Web proxy. Web Proxy adalah website berbasis proxy server yang berperan sebagai perantara untuk menerima atau melakukan request dan permintaan serta memberi tanggapan terhadap kontent dari sebuah jaringan internet atau intranet.

Sistem keamanan jaringan dengan Web Proxy


Web proxy digunakan untuk memblock atau menutup akses ke suatu situs,kecuali block situs HTTPS seperti Facebook.Proxy server bertindak sebagai  gerbang pada setiap komputer klien. Langkah kerjanya seperti ini, ketika Web Server menerima permintaan, web proxy akan menerjemahkannya, dan seakan-akan permintaan tersebut datang secara langsung dari komputer klien. Dan dalam proses pengiriman data, ip address tidak terbaca karena disembunyikan terlebih dahulu oleh proxy.

Web Proxy terbagi menjadi 2 bagian yaitu :


1.Nontransparent web proxy

Seorang client memiliki hak memilih untuk menggunakan/tidak menggunakan fasilitas web proxy yang disediakan oleh server. Web proxy biasanya sudah di setting oleh para administrator dan siap untuk digunakan oleh klien.

2.Transparent web proxy

Transparent web proxy terjadi saat seorang client dipaksa untuk menggunakannya sehingga seorang client tidak perlu melakukan pengaturan apapun di web browser yang mereka pakai karena setting atau pengaturan ini hanya dapat dilakukan oleh server saja dan secara otomatis client akan menggunakan web proxy tersebut. Seorang user yang sedang browsing maka dia akan dibelokan atau dialihkan terlebih dahulu menuju proxy.

Adapun fungsi dari proxy antara lain:

1. Menyembunyikan identitas asli/Anonymizer

Hal ini dilakukan, supaya  identitas asli tidak diketahui secara langsung oleh klien. Hal ini dilakukan sebagai salah satu alasan tambahan keamanan.

2.Browsing secara rahasia/ Bypass Internet Filtering/ Unblock Site

Hal yang wajar yang dilakukan di jaringan internet adalah selalu menjaga kerahasiaan alamat IP, terutama bagi mereka yang memiliki IP Statis atau tetap seperti pelanggan ADSL.

3.Mengirim sesuatu secara rahasia

Contohnya adalah kiriman email akan mendapatkan bonus, biasanya cara ini digunakan oleh pebisnis atau penjual online untuk menaikkan jumlah followers atau pengikutnya. Supaya tidak diketahui biasanya pebisnis melakukan hal ini.


Nah, demikianlah pembahasan mengenai web proxy. Semoga bermanfaat untuk sobat buletinup.com..sampai jumpa!

Comments