Skip to main content

Mengkoneksikan Router MikroTik dengan Jaringan Internet


Hallo sobat buletinup.com! Selamat datang di blog kami!

Kali ini kita akan membahas tentang cara atau proses yang bisa digunakan untuk membuat router MikroTik bisa terkoneksi atau terhubung dengan jaringan internet. Hal ini dikarenakan internet sangat penting saat melakukan setting hotspot pada area kantor, sekolah, maupun gedung. Hotspot sendiri merupakan salah satu jenis jaringan yang mana cara penggunaannya tidak menggunakan kabel atau sering disebut wireless. 



Hotspot banyak digunakan pada area gedung yang memiliki area terbatas dan jumlah pengguna banyak. Hal ini dilakukan supaya jaringan dapat digunakan secara menyeluruh oleh pengguna dalam gedung tersebut dengan mudah disegala lokasi. Namun, hotspot juga memerlukan setting baik dari segi kecepatan akses, jumlah pengguna, maupun keamanannya. Lalu, bagaimana cara atau langkah untuk setting Router MikroTik agar bisa terkoneksi dengan internet agar nantinya bisa digunakan sebagai dasar untuk membuat hotspot? Berikut akan dijelaskan bagaimana caranya.

Pertama adalah proses persiapan alat. Siapkan Router MikroTik RB750, Access Point, komputer berbasis windows, software winbox, dan 3 buah kabel UTP. Siapakan semua alat tersebut, alat-alat itulah yang akan membantu Anda untuk membuat jaringan MikroTik bisa terkoneksi dengan internet. Selanjutnya, kita akan masuk ke langkah-langkahnya.

  1. Lakukan reset pada Router dan Access Point. Hal ini dilakukan agar perangkat bisa membuat konfigurasi baru. Caranya adalah dengan menekan tombol reset pada bagian belakang Router atau dengan konfigurasi reset yang ada di winbox.
  2. Kedua adalah masuk lagi ke winbox dengan cara menekan tiga titik pada kolom Connet to, setelah muncul MAC Address, klik pada MAC Address tersebut lalu klik Connect.
  3. Setelah berhasil masuk ke winbox, langkah yang harus dilakukan adalah megkoneksikan komputer ke jaringan internet. Caranya adalah dengan mengatur konfigurasi pada IP Address, DNS, dan juga gateway. Sambungkan kabel ISP atau internet  ke ether 1 router, kemudian masuk ke menu Ip firewall, ubah nama interface kemudian klik Apply lalu OK. Untuk konfigurasi IP caranya adalah dengan masuk ke menu IP lalu klik tambah, isikan alamat Ip dari interface ISP lalu pilih interface sesuai nama yang diberikan tadi, kemudian klik Apply lalu OK.
  4. Langkah selanjutnya adalah pengaturan Gateway, caranya dengan masuk IP Routes lalu isikan alamat gateway, isikan juga Dst Address nya. Lalu klik Apply dan OK.
  5. Setting DNS. Jangan lupa juga untuk mengaktifkan DNS nya, caranya masuk ke IP DNS masukkan alamat server dan centang pada "Allow Remote Requests". Klik Apply lalu OK.
  6. Setelah Router sudah terkoneksi dengan internet, lakukan konfigurasi jaringan lokal. Caranya adalah dengan menancapkan kabel UTP  ke ether 3 sebagai interface jaringan Lokal. Kemudian masuk ke IP firewall lalu ubah nama interface, isikan juga pilihan ether menjadi ether 3. Lalu klik Apply OK.
  7. Setting IP. Seperti sebelumnya, setting IP dengan masuk ke IP lalu klik tambah, isikan IP sebagai Ip address ether 3, lalu klik Apply OK.
  8. Selanjutnya adalah setting DNS, Caranya adalah masuk ke IP Firewall NAT, lalu klik tambah. Pada bagian chain, isikan srcnat. Pada Out interface isikan ether 1. Pada Action isikan masquerade. Kemudian klik Apply  OK.
  9. Jangan lupa untuk Cek apakah router sudah terkoneksi dengan internet atau belum, caranya adalah dengan melakukan ping google.com pada menu terminal. Apabila sudah reply berarti router MikroTik sudah terkoneksi dengan internet.
  10. Selesai


Nah, itulah cara yang bisa digunakan untuk membuat Router MikroTik terkoneksi dengan internet. Semoga bermanfaat untuk sobat buletinup.com...sampai jumpa!


Comments