Skip to main content

Definisi MNDP (MikroTik Neighbor Discovery Protocol)


Halooooo! Selamat datang di blog buletinup.com!

Pembahasan kali ini berkaitan dengan beberapa fitur terdahulu yang ada di MikroTik. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai MNDP atau kependekan dari MikroTik Neighbor Discovery Protocol. Mau tau aoa itu MNDP? Simak penjelasan berikut ini.

MNDP (MikroTik Neighbor Discovery Protocol)


MikroTik Neighbor Discovery Protocol (MNDP) merupaka protokol yang memudahkan proses konfigurasi dan manajemen jaringan dengan cara memungkinkan setiap router MikroTik untuk menemukan router MikroTik lain yang saling terhubung dan mempelajari informasi tentang beberapa sistem bersama dengan fitur-fitur yang diaktifkan. Tiap rute MikroTik dapat secara otomatis memakai informasi yang dipelajari dalam mengatur beberapa fitur dengan konfigurasi minimal konfigurasi.

Fitur MNDP:

  1. Bekerja dalam koneksi level IP
  2. Bekerja dalam semua antarmuka non-dinamis
  3. Mendistribusikan informasi dasar mengenai versi perangkat lunak
  4. Mendistribusikan dan menyalurkan informasi mengenai fitur yang dikonfigurasi dan harus beroperasi dengan router MikroTik lainnya
  5. MikroTik RouterOS dapat menemukan perangkat MNDP dan CDP (Cisco Discovery Protocol).

Spesifikasi

Jenis Paket yang dibutuhkan: sistem
Dibutuhkannya lisensi: Level1
Tingkat submenu: / ip tetangga
Standar dan Teknologi: MNDP
Penggunaan dari perangkat keras: Tidak signifikan
Dokumen yang berhubungan
Manajemen Paket
M3P
Deskripsi

Fungsi dasar MNDP adalah  membantu  konfigurasi secara otomatis fitur yang hanya tersedia antara router MikroTik. Saat ini banyak digunakan untuk fitur 'Packet Packer'. 'Packet Packer' dapat diaktifkan pada basis per antarmuka. Protokol MNDP kemudian akan menyimpan informasi tentang router apa saja yang telah mengaktifkan fitur 'unpack' dan 'Packet Packer' akan digunakan untuk lalu lintas di antara router-router ini.

Fitur spesifik

Bekerja pada antarmuka yang mendukung protokol IP dan memiliki setidaknya satu alamat IP dan pada semua antarmuka seperti ethernet bahkan tanpa alamat IP diaktifkan secara default untuk semua antarmuka seperti Ethernet - Ethernet, nirkabel, EoIP, terowongan IPIP, PPTP-static-server ketika versi yang lebih lama pada RouterOS ditingkatkan dari versi tanpa penemuan ke versi dengan penemuan, antarmuka seperti Ethernet saat ini tidak akan secara otomatis diaktifkan untuk MNDP
menggunakan port protokol UDP 567.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai MNDP. Semoga bermanfaat untuk sobat wonogo.net! Sampai jumpa!

Comments