Skip to main content

Fitur Logging dalam MikroTik


Hallo sobat buletinup.com! Selamat datang! Semoga artikel dibawah ini bisa memberikan manfaat untuk pembaca. Pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang fitur logging dalam MikroTik. Simak penjelasannya dibawah ini.

Fitur LOGGING memberikan peluang agar RouterOS mampu melakukan pencatatan berbagai aktivitas sistem dan informasi status router. Secara otomatis RouterOS akan melakukan pencatatan semua aktifitas dan proses yang dilakukan di router MikroTik dan menyimpan catatan (Log) itu kedalam RAM. Daftar catatan (Log) yang telah tersimpan bisa dilihat pada menu /log.



Log yang berada pada menu /log ini akan hilang saat kita melakukan restart router karena log tersebut hanya disimpan pada RAM.Dalam memecahkan permasalahan jaringan akan lebih efektif apabila sebelumnya kita menganalisa log dari Router untuk mengetahui proses apa saja yang sudah terjadi. Sehingga akan lebih memudahkan dalam memetakan masalah dan menentukan solusi.

Akan ada banyak informasi yang kita dapatkan jika hanya melihat pada menu /log , sehingga besar kemungkinan akan menyulitkan analisa. Untuk itu kita bisa melakukan pengaturan mengenai topic apa saja yang akan dicatat dan akan disimpan atau ditampilkan didalam log tersebut.

Selain disimpan dalam memory (RAM) router, log juga dapat disimpan dalam bentuk file pada storage Router, dikirim via email atau ditampilkan pada perangkat syslog server.

Dibawah ini ada beberapa jenis Log yang ada pada Router MikroTik, yaitu:

1. Tipe Disk
Tipe log ini akan menyimpan log dalam bentuk teks file dan akan disimpan pada storage system dari Router itu sendiri . Kita bisa melakukan pengaturan nama file log saat disimpan pada parameter File Name sesuai keinginan kita. Bisa juga diatur berapa banyak baris log yang akan disimpan dalam setiap file nya,bisa juga diset pada parameter Lines Per file.

2. Tipe Echo
Dengan menggunakan tipe ini log dari Router akan ditampilkan pada New Terminal (winbox) atau pada saat kita meremote dengan CLI (direct console)

3. Tipe email
Log akan dikirim ke email yang sudah kita tentukan sendiri. Agar dapat berfungsi maka sebelumnya kita harus melakukan setting smtp server yang akan kita gunakan di menu /tool email.

4. Tipe Memory
Log akan tersimpan di dalam RAM Router dan bisa kita lihat pada menu Log . Karena hanya disimpan dalam RAM, maka log ini akan terhapus / tidak bisa kita baca lagi setelah router melakukan reboot.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai fitur Logging dalam MikroTik

Comments