Skip to main content

Data Rate Management System didalam MikroTik.


Assalamualaikum sobat buletinup.com! Selamat datang di blog kami!

Kali ini kita akan membahas tentang salah satu fitur yang ada di dalam mikrotik yaitu data rate management. Fitur ini berfungsi untuk membantu dalam perhitungan beberapa data yang masuk dari masukan lain.

Data rate adalah sebuah kalkulasi yang memberikan tampilan yang banyak dari nilai data digital yang dapat disalin dan dipindahkan di tempat lain, data ini diambil dari satu lokasi ke lokasi lain dalam satuan detik.Data rate ini sendiri sangat dipengaruhi oleh Kuat dan lemahnya sinyal rate flapping yang terjadi karena adanya rate jump atau dikenal dengan naik-turunnya data rate. Rate flapping sendiri dapat dicegah dengan memperhatikan pemilihan data rate yang lebih rendah agar membuat link tidak naik turun.

Data Rate Management System


Data rate juga memiliki hubungan dengan signaling rate dimana dapat dijabarkan dengan rumus c=R.²logL C sendiri merupakan data rate, R adalah signaling rate serta R merupakan jumlah keadaan logika yang mungkin pada suatu elemen signal. Besaran tersebut biasanya memiliki keterkaitan dengan proses kegiatan transfer data pada komputer. File size atau dikenal dengan berapa besar file dalam komputer biasanya juga sering disebut dengan nama kilobytes, megabytes,gigabytes. Lalu Bagaimana penerapan data rate di Hotspot mikrotik? Simak ulasan berikut ini. 


  1. Pertama Anda buka winbox lalu wireless registration
  2. Penerapan data rate sendiri bisa ditemukan pada TX rate dan RX rate.
  3. Untuk penerapan data rate pada gelombang signal dari mikro aktif
  4. Sampel support pada data rate hotspot login.




Sehingga data rate itu sendiri dalam suatu perangkat pasti ada dan dengan desain yang bervariasi tetapi anda juga tidak boleh melewatkan Bitt yang ditentukan oleh internasional. Data rate ini sendiri juga memiliki keterkaitan dengan manajemen bandwidth mikrotik. Hal itu tidak lain karena keduanya digunakan sebagai limitasi per user dimana memiliki profile yang berbeda-beda. Disamping itu, kita juga dapat melakukan perhitungan dalam binary (tetapi bukan transfer data) gimana menggunakan K sebagai representasi dari 1024. Di bawah ini merupakan contoh perbandingan nya.

1 KB (ONE kilobytes) = 1024 bytes

1MB (ONE Megabytes)= 1024 kilobytes
1GB (ONE GigaBYTES)= 1024 megabytes

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai Data Rate Management System. Semoga bermanfaat untuk sobat buletinup.com..sampai jumpa!

Comments