Skip to main content

Pengertian IP Address dalam MikroTik


Selamat datang di blog kami sobat buletinup.com!

Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas mengenai salah satu bagian dari sebuah jaringan komputer yaitu IP Address. Semua jaringan tentu membutuhkan yang namanya ip address karena ip address merupakan sebuah hal wajib yang harus dimiliki oleh sebuah komputer agar bisa terhubung ke sebuah jaringan. Lalu apa saja bagian dari ip address itu? Pengertian? Dan seberapa penting ip address itu dalam sebuah jaringan? Artikel dibawah ini akan mengulas semuanya.

Ip address merupakan sebuah alamat unik yang harus dimiliki olehtiap komputer. Ip address ini diperlukan supaya setiap perangkat itu dapat dibedakan satu dengan yang lainnya sehingga tidak ada tabrakan data, baik pada saat pengiriman, data penerimaan, dan data yang lainnya. Ip address  terbagi dalam 2 kategori atau versi, yaitu IPv4 dan IPv6. Dimana IPv4 ini terdiri 32 binary bits, inipun juga masih dipecah lagi kedalam bagian 4 oktet selanjutnya. Sehingga IPv4 ini memiliki 32 binary bits yang terdiri dari 4 oktet.



Ip address juga terdiri dari beberapa kelompok, yaitu Ip privat dan Ip publik. Ip privat merupakan sebuah ip yang digunakan untuk sebuah jaringan lokal. Dimana jaringan lokal ini tidak bisa terhubung dengan jaringan internet dan tidak bisa tersambung ke jaringan. Untuk bisa tersambung ke jaringan harusnya dibantu dengan alat tambahan berupa router yang menjembatani antara ip privat dan ip public. 

Sedangkan Ip public sendiri merupakan sebuah alamat yang digunakan pada jaringan internet. Dimana sebuah perangkat yang terdaftar kedalam Ip publik akan bisa terkoneksi dengan internet. Jangkauannya juga luas, pernagkat itu dapat ditemukan melalui jaringan internet. Namun, satu catatan penting adalah kita tidak bisa sembarangan membuat Ip public, ia harus merupakan sebuah Ip yang diberikan oleh ISP atau Jasa penyedia layanan internet.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai Ip Address. Ip address merupakan sebuah alamat unik yang harus dimiliki oleh setiap perangkat agar bisa tersambung ke jaringan, entah jaringan lokal maupun jaringan internet.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat buletinup.com..sampai jumpa!

Comments