Skip to main content

Pengertian dari Hotspot dan WiFi


Hallo sobat! Selamat datang di buletinup.com!

Kali ini kita akan membahas tentang sebuah jaringan yang bisa membuat user terhubung ke internet tanpa bantuan kabel, apakah itu? Yap Hotspot. Hotspot adalah  sebuah area diman user bisa mengakses jaringan interne menggunakan PC, laptop atau perangkat lainnya dengan fitur yang ada WiFi (Wireless Fidelity) sehingga dapat mengakses internet tanpa media kabel. 



Pengertian lainnya adalah cakupan area yang bisa digunakan oleh user agar dapat terhubung ke internet dengan cara wireless ( tanpa kabel) dari PC, notebook, laptop ataupun HP  dalam jangkauan radius kurang lebih beberapa ratus meteran tergantung dari kekuatan frekuensi atau signal yang diberikan.

Hotspot memiliki beberapa fungsi yang bisa dilakukan oleh user yang menggunakannya, seperti terhubung kedalam jaringan, menerima data, mengirim data, berkomunikasi secara online, dan lain sebagainya. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan bantuan hotspot. Keuntungannya pun juga terbilang banyak, seperti kepraktisan dalam penyambungannya karena tidak membutuhkan kabel, dapat dijangkau dimana saja selama masih berada di dalam jarak yang ditentukan, dan masih banyak lagi keuntungan lainnya.

Namun, dalam penggunaan hotspot atau sering kita sebut dengan WiFi Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.  Yang pertama adalah pastikan Anda tidak mengaktifkan file sharing baik itu dengan PC maupun Hp karena hal itu bisa menyebabkan adanya pengguna lain yang masuk kedalam transfer data tersebut. Selanjutnya adalah selalu pasang anti virus didalam perangkat Anda karena besar kemungkinan akan datangnya virus kedalam perangkat Anda maka antisipasilah dengan menggunakan anti virus. Yang terakhir adalah jangan pernah memberikan user name atau bahkan password Anda kepada pihak lain karena hal itu sangat rawan jika dilakukan dalam area ip publik seperti WiFi ini.

Oh ya, WiFi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity yaitu sebuah standar jaringan nirkabel yang menggunakan Frekuensi Radio dalam jaringannya. Wifi inilah yang akan bertugas memancarkan sinyal yang diberikan oleh sebuah titik akses internet yang kita sebut dengan hotspot.
Nah, itulah sedikit pembahasan mengenai hotspot. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca...sampai jumpa!

Comments