Skip to main content

Mengenal Fitur-Fitur DHCP Server


Hallo sobat buletinup.com! Selamat datang kembali di blog kami!

Pada pembahasan terdahulu kita telah selesai membahas tentang DHCP Client. Dimana, dikatakan bahwa DHCP Client merupakan sebuah protokol yang berperan sebagai pengguna dari berbagai layanan yang disediakan oleh DHCP Server. Lalu, apa sih DHCP Server itu? Mengapa ia bisa memberikan alamat ip secara otomatis kepada DHCP Client? Bagaimana cara kerja DHCP Server saat ia memberikan alamat Ip otomatis kepada client? Semua akan dibahas di artikel dibawah ini.

Fitur-Fitur  DHCP Server


DHCP Server atau Dynamic Host Configuration Protocol merupakan sebuah protokol yang bekerja dalam sistem arsitektur client dan server dimana DHCP Server merupakan penyedia layanan untuk diberikan dan digunakan oleh Client. DHCP berperan penting untuk menentukan alamat ip yang akan dimiliki  oleh Client.

Jaringan lokal sangat membutuhkan yang namanya ip address, dimana ip address inilah yang akan mengidentifikasi setiap perangkat jaringan yang terhubung. Nah, untuk mendapatkan alamat ip, sebuah perangkat akan kesulitan jika membuatnya secara manusia maka dibutuhkanlah DHCP Server yang akan memberikan alamat ip secara otomatis pada perangkat tersebut.

Kemudian, untuk alur pemberian ip otomatis dari DHCP Server ke DHCP Client adalah sebagai berikut. Tahap yang pertama adalah IP Least Request, pada tahap ini client melakukan request ip address secara langsung kepada DHCP Server yang bekerja.Langkah selanjutnya adalah IP Least Offer, pada tahap ini DHCP Server akan memberikan beberapa penawaran ip address yang bisa diberikan kepada Client,apakah client menginginkan ip tersebut atau tidak. Ip address yang diberikan oleh DHCP Server adalah ip address yang didapat dari database. 

Kemudian, Tahap ketiga adalah IP Lease Selection, pada tahap ini client memberikan konfirmasi mengenai pilihan ip yang diberikan oleh DHCP Server sehingga DHCP Server akan menindaklanjuti.Selanjutnya, Tahap keempat adalah IP Lease Acknowledge yaitu DHCP Server menindaklanjuti konfirmasi dari Client. Pada tahap ini DHCP Server akan mengirimkan alamat ip secara otomatis kepada client beserta dengan subnet mask dan  default gatewaynya. Selesai. Ip address otomatis diberikan dari Server kepada Client melalui DHCP.

Nah, itulah beberapa penjelasan singkat mengenai DHCP Server. Dalam DHCP Server ini juga ada fitur DNS Server dan lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat buletinup.com...sampai jumpa!

Comments