Skip to main content

Pembahasan VRRP (Virtual Router Redudancy Protocol)


Halo sobat buletinup.com! Selamat datang di blog kami!

Pembahasan kali ini adalah mengenai salah satu fitur dalam mikrotik yaitu VRRP. Mau tau apa itu VRRP? Simak penjelasannya dibawah ini.

VRRP atau kependekan dari Virtual Router Redundancy Protocol merupakan  salah satu interface (virtual) keluaran RouterOS MikroTik yang mengijinkan kita untuk membuat satu atau lebih router sebagai gateway dari sebuah jaringan lokal yang mempunyai segment satu. Komunikasi antara satu router dengan router lain akan menggunakan sebuah Virtual Router ID,sedangkan pada interface VRRP dimasing-masing router akan dipasangi sebuah single IP Address yang akan digunakan untuk gateway dari jaringan lokal tersebut. 

VRRP (Virtual Router Redudancy Protocol)


Nah, karena ada router yang menjadi gateway atau gerbang dari satu jaringan lokal, jadi kita  juga bisa melakukan sebuah 'Prioritas'. Dengan kata lain ada satu router yang bisa menjadi gateway utama dan yang lain menjadi backup. Seperti mekanisme dari 'Fail Over' apabila jalur dari gateway utama putus maka dapat di-cover oleh jalur lain. Hal ini mungkin bisa membantu apabila pada suatu ketika gateway utama bukan hanya jalur nya saja yang putus tetapi juga mengalami kerusakan pada perangkatnya dan dengan segera  bisa di-backup oleh perangkat yang lain tanpa kita perlu membuat konfigurasi baru dari router tersebut.

Contoh Implementasi


Untuk lebih mudah dalam memahami konsep VRRP ini, kita akan mencoba membuat simulasi jaringan sederhana. Kali ini kita akan menggunakan dua buah router yang terkoneksi ke satu jaringan internet provider dan akan menjadi gateway atau gerbang dari sebuah jaringan lokal.

Nah, perlu diketahui untuk konfigurasi interface VRRP pada tiap router, pada parameter Virtual Router ID (vrid) harus memilik nilai yang sama. Kemudian pada parameter 'Priority', untuk router digunakan sebagai gateway utama kita bisa setting dengan nilai yang lebih tinggi daripada router backup. Dan kita juga harus melakukan penambahan sebuah Single IP Address (dengan prefix /32) pada interface VRRP di tiap router yang berfungsi sebagai default gateway dari client di jaringan lokal.

Router Utama (RB750r2)
- Membuat interface VRRP pada router

/interface vrrp
add interface=ether2 vrid=49 priority=254
- Menambahkan IP Address pada interface router
/ip address
add address=172.16.1.2/24 disabled=no interface=ether1 network=172.16.1.0/24
add address=192.168.2.1/24 disabled=no interface=ether2 network=192.168.2.0/24
add address=192.168.2.10/32 disabled=no interface=vrrp1 network=192.168.2.10

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai VRRP. Semoga bermanfaat untuk sobat wonogo.net! Sampai jumpa!

Comments