Skip to main content

Pemahaman Mengenai DNS Server


Selamat datang di blog kami sobat buletinup.com!

Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas mengenai salah satu protokol internet yang sangat penting digunakan pada jaringan internet yaitu DNS Server atau Domain Name System Server. Sebelum masuk ke pembahasan tentang DNS Server, kita akan menjabarkan terlebih dahulu mengenai DNS atau Domain Name System.

DNS Server


DNS merupakan standar operasi yang digunakan untuk menerjemahkan atau menyimpan ip address yang berbentuk angka atau host  menjadi sebuah domain yang bisa dengan mudah dibaca dan dijangkau oleh user. Sehingga, ketika seorang user memasukkan sebuah alamat domain maka DNS inilah yang bekerja untuk menerjemahkannya menjadi sebuah alamat ip agar dapat dibaca oleh server internet. Jadi dapat dipastikan bahwa DNS ini sangat diperlukan dalam sistem jaringan. Nah, lalu apa yang disebut dengan DNS Server? Artikel dibawah ini akan menjelaskan sedikit pengertian mengenai DNS Server.

Ketika kita sudah memahami apa yang disebut dengan DNS, maka kita juga akan memahami apa yang disebut dengan DNS Server. DNS Server merupakan sebuah server yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat dengan DNS. Didalam DNS Server ada sebuah software network  yang bertugas untuk membagi alamat ip yang berisi database network hostname. Dalam pembagiannya, 

DNS Server ini terbagi menjadi 3 bagian, yaitu:

Yang pertama adalah DNS Resolver, adalah sebuah program yang berada pada komputer client, ia bertugas membuat permintaan program DNS dari aplikasi. Yang kedua adalah Recursive DNS Server yaitu sebuah program yang berperan dalam proses pencarian DNS yang diminta oleh resolver yang kemudian akan dikembalikan lagi kepada resolver. Yang ketiga adalah Authoritative DNS Server yaitu  program yang bertugas menampilkan jawaban kepada recursor atas permintaannya, hasil yang ditampilkan adalah berupa jawaban atau delegasi.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai DNS Server. DNS Server merupakan sebuah bagian penting dalam sebuah jaringan, dimana ia memudahkan pemahaman antara bahasa manusia dan bahasa mesin dalam area jaringan. Sehingga, dengan adanya DNS Server sistem pencarian akan lebih mudah dan tepat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca...sampai jumpa!

Comments